25 Jul, 2024

Bupati Samosir Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Desa Paraduan

Indofakta.com, 2024-06-18 14:12:42 WIB

Bagikan:

Samosir -- Bupati Samosir Vandiko T. Gultom melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Desa Paraduan Kecamatan Ronggurnihuta, 18/06.

Baca juga: Pemkab Simalungun Serahkan SK Pengangkatan dan Lantik 1.162 ASN PPPK di Lingkungan Pemkab Simalungun Tahun 2024, Gelombang Ke Tiga

Turut hadir, Sekdakab. Samosir Marudut Tua Sitinjak, Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo, Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon dan Camat se-Kabupaten Samosir, Ketua APDESI Kabupaten Samosir Raja Sondang Simarmata, Kepala Desa se-Kecamatan Ronggurnihuta, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Paraduan.

Baca juga: Sambut Hari Anak Nasional, Satgas Yonif 310/KK Peduli Generasi Emas Papua

Peletakan Batu Pertama Pembanguan Kantor Desa Paraduan dilakukan sebagaimana biasanya dalam adat istiadat suku Batak yang sudah menjadi kearifan lokal. Dengan panduan tokoh adat, Bupati Samosir bersama Sekda, Camat dan Kepala Desa Paraduan, meletakkan batu pertama.

Baca juga: Ariston Tua Siauruk Mengajak Bagi yang Peduli Berbagi Air Bersih Dimusim kemarau di Samosir

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengapresiasi peran masyarakat yang sudah rela menghibahkan tanah untuk pembangunan kantor desa. Pembangunan kantor desa senilai Rp. 200 juta tersebut diharapkan betul-betul diawasi sehingga dapat berjalan lancar dan segera terbangun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 
"Saya berharap kantor desa ini segera terbangun dan menjadi penyemangat bagi perangkat desa dalam melayani masyarakat. Kepala desa bersama perangkatnya dan BPD  dapat meningkatkan performa pelayanan kepada masyarakat", ucap Vandiko.

Lebih lanjut, Vandiko mengatakan kebersamaan pemerintah dan masyarakat  Desa Paraduan dapat menjadi contoh bagi desa lain, bahwa pembangunan harus bersinergi dengan seluruh stakeholder bukan hanya dengan pemerintah saja.

Baca juga: Disdikpora Memperingati Hari Anak Nasional Kabupaten Samosir 2024

Diingatkan bahwa kepala desa yang sudah terpilih sebagai pelayan masyarakat harus melayani dan mencari solusi atas permasalahan di masyarakat. "Mewujudkan pembangunan, kita harus bersinergi dengan baik antara  pemerintah dengan masyarakat. Permasalahan dapat kita selesaikan apabila kita semua bersinergi", ungkap Vandiko.  

Tak luput Bupati Samosir menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Op. Kevin Sitanggang yang sudah bersedia memberi lahan dan mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir khususnya di Desa Paraduan.

Terkait permohonan tokoh masyarakat, Vandiko mengaku senang, kehadirannya disambut dengan berbagai interaksi melalui usulan-usulan maupun kendala yang dihadapi masyarakat. "Permohonan masyarakat tentang  pertanian dan pariwisata akan kami bahas lebih intens lagi. Pembangunan  infrastruktur  belum bisa menyeluruh kita sadari itu karena
keterbatasan anggaran dan bukan berarti pembangunan tidak ada di desa ini, namun perlu masih ada peningkatan pembangunan dan mudah-mudahan  tahun depan bisa kita tingkatkan dan  programkan", pungkas Bupati Samosir.

Kepala Desa Paraduan, Darwin D. Samosir menyampaikan pembangunan kantor desa tersebut sudah dicita-citakan sejak lama dan pembangunan berada dipertengahan desa sehingga mempermudah jangkauan seluruh masyarakat. Darwin mengaku bangga dengan kehadiran langsung Bupati Samosir meletakkan pembangunan Kantor Desa Paraduan.
"Kami bersama masyarakat bangga dan ini menjadi sejarah atas kehadiran Bupati Samosir. Kami siap mendukung kebijakan pembangunan yang dilakukan  Bupati Samosir", ucap Darwin

Camat Ronggurnihuta, Bresma Simbolon mengatakan apresiasi yang luar biasa dan berharap ada penambahan anggaran untuk peningkatan pembangunan kantor desa, sebagaimana kebutuhan desa lainnya di Kecamatan Ronggurnihuta.

Tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Paraduan merasa istimewa dengan kehadiran Bupati Samosir. Ia berharap Bupati Samosir memberi perhatian terkait peningkatan infrastruktur jalan (lanjutan hotmix), pertanian dan harapan menjadi desa wisata.
"Kami merasa bangga dan istimewa dengan hadirnya  Bupati Samosir secara langsung. Banyak protes maupun sungut-sungut ketidakpuasan dalam program yang bapak buat, namun kami sadar dan maklum itu karena ada musibah Covid dan kami berharap Bapak akan tetap memberi perhatian", kata Tokoh masyarakat Kariel Sitanggang didampingi Marianus Sitanggang

Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak berharap pembangunan kantor desa tidak semata-mata hanya perbaikan fisik saja, tapi menjadi tempat mencari solusi pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat baik administrasi dan masalah lainnya.
"Saya yakin, kita  tetap menjalin komunikasi dan saling  terbuka sehingga segala sesuatu yang bersifat positif dapat diselesaikan dengan baik. Mari saling bergandengan tangan maka  semua rencana dan angan-angan kita pasti dapat dikabulkan", ucap Marudut Tua Sitinjak menutup acara.(sts)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online