21 Jun, 2024

Pemilu Tahun 2024 Wahana Tingkatkan Indeks Demokrasi

Indofakta.com, 2023-05-24 12:02:37 WIB

Bagikan:

Adikarya Parlemen

Baca juga: Pelaksanaan Qurban Harus Tingkatkan Kesejahteraan Peternak

Jabar -- Pesta 5 tahunan yaitu Pemilu 2024 akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Agenda politik tersebut harus terselenggara secara aman dan kondusif.

Baca juga: Antisipasi Kasus Keracunan Makanan Pengawasan Pelaku Usaha Perlu Dimaksimalkan

"Bagi pihak legislatif berharap Pemilu 2024 menjadi wahana untuk meningkatkan Indeks Demokrasi", ungkap Anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar Dapil Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Baca juga: Di RPJP Jabar Pembangunan Infrastruktur Harus Dituntaskan

Heri, dalam keterangannya mengatakan untuk mewujudkan Target indeks demokrasi, itu sangat ditentukan oleh partisipasi dari masyarakat untuk menyalurkan hak pilih.

Pemilu tahun 2024, diharapkan tak hanya meningkatkan Indeks Demokrasi dari sisi kuantitas saja.  Namun juga diharapkan mereka menyalurkan hak pilih juga didasarkan pada pertimbangan rasional.

Baca juga: Perda Kemandirian Pangan Harus Wujudkan kenyamanan Pada Masyarakat

Heri, dalam keterangannya mengatakan guna mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang berkualitas , hal yang bisa disiapkan oleh pemangku kepentingan adalah melalui sosialisasi pendidikan politik.

Oleh karenanya, penyelenggara Pemilu dalam hal itu KPU baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat memaksimalkan kerjasama dengan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

Heri, dalam keterangannya mengatakan menyongsong Pemilu.2024 dengan target terwujudnya Pemilu yang nyaman , aman, jujur dan adil serta pemilih yang cerdas, pendidikan politik yang diterapkan adalah pendidikan politik yang disertai dengan pengembangan etika dan budaya politik.

Pendidikan politik dengan kualifikasi tersebut, memerlukan pendidikan yang terstruktur terutama dari sisi waktu pelaksanaan maupun program.

"Jika hal ini terwujud masyarakat dalam hal ini pemilih akan mempunyai pemahaman pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu 2024, tutup Heri mengakhiri penjelasannya.(red)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online