BARU DISOSIALISASIKAN RENCANA PELABUHAN INTERNASIONAL DI CILAMAYA KARAWANG

2012-11-05 19:09:37

KARAWANG,Indofakta Online - Pemerintah Kabupaten Karawang menerima tamu dari tim Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan Tim Japan International Cooperation Agency (JICA) di aula Singaperbangsa Senin (5/11) pagi, acara ini diselenggarakan atas permintaan jajaran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, kepada Pemerintah Karawang dengan tujuan Sosialisasi Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Internasional Cilamaya yang akan di bangun di daerah Cilamaya, Tempuran dan sekitarnya

Pada kesempatan itu sebelum Sosialisasi dimulai Bupati H. Ade Swara memberikan sambutannya Bupati Mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama, selama beberapa tahun ini, saya, pemerintah daerah, maupun masyarakat kabupaten karawang telah mengetahui akan rencana besar yang sedang disusun oleh pemerintah pusat untuk perkembangan dan kemajuan kabupaten karawang. Termasuk salah satunya adalah rencana menjadikan kabupaten karawang sebagai lokasi pembangunan pelabuhan internasional, yang diposisikan sebagai pengganti dari pelabuhan tanjung priok, jakarta, yang saat ini telah sangat padat dan tidak memadai bagi pertumbuhan industri di indonesia yang sangat pesat.

Keberadaan pelabuhan internasional di Kabupaten Karawang tentunya akan membuka berbagai peluang yang harus dapat kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten karawang. Keberadaan pelabuhan tersebut tentunya akan dapat membuka lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Selain itu, keberadaan fasilitas pelabuhan bertaraf internasional tersebut tentunya akan semakin menarik kalangan investor dan pelaku industri untuk menanamkan modal dan berusaha di kabupaten karawang, yang berujung pula pada terciptanya ribuan lapangan kerja baru.

Di sisi lain, berbagai peluang usaha pun akan turut bermunculan sebagai multiplier effect atau efek domino dari keberadaan pelabuhan internasional tersebut. Jasa kontrakan, transportasi, maupun kuliner dan jasa perdagangan merupakan contoh-contoh kecil dari peluang-peluang usaha yang muncul seiring dengan keberadaan pelabuhan internasional di kabupaten karawang. begitu ujarnya.

Mr Otsuki Team Leader JICA menjelaskan untuk target Operasional Fase ke satu Pelabuhan ini ditargetkan beroperasi di 2019-2020 dengan dibangunnya pelabuhan ini harapan mereka agar kita punya prinsip akan berupaya di proyek ini yakin akan saling menguntungkan Karena pada proyek ini antisipasi - antisipasi sudah akan di pikirkan lebih awal antara lain tambahan akses jalan, dampak polusi udara di lingkungan sekitar peluang lapangan kerja dan lainya betul apa yang Bupati bicarakan bahwa masyarakat harus pintar memanfaatkan peluang dengan adanya pelabuhan ini begitu tuturnya

Pada kegiatan itu hadir seluruh Pejabat Pemerintah Kabupaten Karawang, Kepala Dinas, Kantor, Badan, Kepala Bagian Setda, Para Camat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang untuk mendengarkan sosialisasi dari Kemenhub RI dan JICA  ini.(fms/jay)

 

 

Berita Sebelumnya

Berita Selanjutnya



Share:     Share on Google+
Idul Fitri